Operasi Cukai Rokok Ilegal di Salatiga

SALATIGA – Tim Gabungan Pemberantasan Cukai Rokok Ilegal yang terdiri dari Bagian Perekonomian dan Sumber Daya Alam Sekretariat Daerah, Satuan Polisi Pamong Praja, Personil Bea dan Cukai Semarang serta Polres Salatiga melakukan oeprasi pemberantasan cukai rokok ilegal di beberapa tempat di Kota Salatiga. Operasi di fokuskan di beberapa warung, toko moderen dan pasar di empat kecamatan yang ada di Kota Salatiga.

Operasi dipimpin oleh Kepala Bagian Perekonomian dan SDA Dr. Siswo Hartanto, S.E.,M.Si., mengatakan bahwa operasi dilakukan untuk mengantisipasi peredaran rokok ilegal yang tidak dilekati cukai di Kota Salatiga. Selain dilakukan operasi terhadap pedagang rokok, beliau juga mengamanatkan seluruh anggota tim untuk menempelkan poster “Gempur Rokok Ilegal” sebagai langkah sosialisasi kepada masyarakat bahwa menjual rokok ilegal adalah pelanggaran terhadap undang-undang yang merugikan negara.

Tim dibagi menjadi 2 kelompok yang dipimpin oleh Bapak Siswo di wilayah Kecamatan Tingkir dan Kecamatan Sidorejo. Sedangkan Drs. Suryatnanto selaku Kepala Bidang Penyelidikan, Penyidikan dan Penindakan pada Satpol PP Kota Salatiga memimpin kegiatan di wilayah Kecamatan Argomulyo dan Kecamatan Sidomukti.

Dalam operasi kali ini tidak ditemukan rokok ilegal namun pedagang rokok tetap diberikan edukasi tentang rokok ilegal. Sehingga lewat edukasi ini dapat menahan peredaran rokok ilegal di Kota Salatiga yang dapat merugikan negara.