Operasi Tim Tibta Amankan Daging dengan Kadar Air Tinggi

Salatiga – Tim Ketertiban Kota (Tim Tibta) Salatiga yang terdiri dari Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtan), Dinas Perdagangan, Bagian Hukum Setda Kota Salatiga melakukan Operasi Makanan, Minuman Tidak Layak Konsumsi di Pasar Raya 1, Jumat (30/4/2021).

Operasi dipimpin oleh Kepala Bidang Penegakan Satpol PP Andi Priantoro, S.H., dan dihadiri langsung Kepala Dinas Pangtan Kota Salatiga Nunuk Dartini, S.Pd., M.Si., yang ikut terjun langsung ke lapangan diikuti oleh anggota Tim Tibta.

Dalam operasi tersebut, petugas kembali menemukan daging yang kadar airnya 89 persen sebanyak 48 kilogram (kg). Tim Tibta langsung mengamankan daging tidak layak konsumsi tersebut agar tidak sampai ketangan konsumen/ masyarakat. Daging yang diamankan akhirnya dimusnahkan dengan cara dibakar. 

Daging berasal dari pedagang luar Kota Salatiga. Daging yang disita kadar airnya mencapai 89 persen.  “Kadar air daging, 89 persen dan kita amankan untuk dimusnahkan karena berbahaya bagi kesehatan dan tidak layak dikonsumsi karena rentan bakteri dan mudah membusuk,” kata Kabid penegakan.

Operasi dilakukan secara rutin setiap tahun menjelang lebaran tahun ini. Karena seperti tahun-tahun sebelumnya menjelang Lebaran konsumsi masyarakat akan daging cenderung meningkat. Sebelumnya juga dilakukan operasi pada toko tradisional dan pasar modern yang memajang makanan, minuman yang tidak layak konsumsi diberbagai lokasi di kota Salatiga.”Semoga dengan kami menggelar operasi makanan dan minuman tidak layak konsumsi, maka peredaran makanan dan minuman tak layak konsumsi bisa kami tekan bahkan hilang dari wilayah Salatiga”tutup Kabid Penegakan.